20.48

Cara Menarik Mengatasi Anak Malas Sekolah

Sobat Berbagi ~ Menarik anak untuk pergi ke sekolah bukan perkara yang mudah. Disatu sisi anak-anak tidak bisa dipaksa, disisi lain anak-anak membutuhkan pendidikan sejak usia dini. Pendidik PAUD tentu merupakan ahlinya dalam hal ini, karena mereka sudah terbiasa menghadapi anak-anak dengan berbagai karakter. 
Dari sebuah permasalahan di dalam FORUM TK dan PAUD, ada beberapa tips yang mungkin bisa memberikan manfaat pada orang tua dan guru agar anak-anak mau dan semangat untuk bersekolah, dantaranya :
1. Kegiatan Lomba
Kegiatan lomba yang diasakan di sekolah merupakan salah satu cara menarik anak untuk pergi ke sekolah. Suasana yang menyenangkan dan santai, bisa memancing anak untuk menyukai tempat belajar dimana sebuah lomba diadakan.

2. Penghargaan
Penghargaan (reward) biasa digunakan oleh pendidik untuk memberikan motivasi anak agar lebih bersemangat dan mau melakukan sesuatu. Orang tua juga bisa memberikan reward pada anak dengan cara memuji, atau memberikan sebuah hadiah bila mau sekolah. Hadiah tidak perlu mahal-mahal, bisa mainan, peralatan menggambar, dan lain-lain.

3. Cara Mengajar yang Menyenangkan
Anak-anak tidak suka suasana belajar yang serius dan menegangkan. Karena dunia anak adalah dunia belajar. Sekolah yang bisa memberikan suasana belajar sambil bermain biasanya akan menadi sebuah tempat wisata edukatif bagi anak-anak.

4. Bangunan Sekolah Menarik
Bangunan sekolah yang menarik, tentu bisa menjadi salah satu faktor yang menarik minat anak untuk pergi sekolah. Bangunan sekolah dan lingkungan sekitar yang indah dan bersih tentu sangat penting bagi anak-anak untuk bisa jatuh cinta pada pandangan pertama pada sebuah sekolah.

5. Banyak mainan
Anak-anak sangat suka bermain. Bila mainan disekolah ada banyak, biasanya anak-anak akan suka berada di sekolah. Terkadang mainan yang tersedia di sekolah bisa memacu anak untuk bangun pagi, agar bisa bermain sepuasnya di sekolah yang sedang sepi, atau malah enggan untuk pulang karena masih ingin bermain.

6. Sekolah yang Mementingkan Evaluasi
Informasi perkembangan anak tentu sangat dibutuhkan oleh orang tua. Dengan komunikasi yang intens antara pihak sekolah dan orang tua, terutama dalam mengevaluasi perkembangan anak, akan menjadi daya tarik tersendiri bagi orang tua agar mau menyekolahkan anak-anaknya pada suatu sekolah.

7. Guru yang Ramah dan Memahami Psikologis Anak
Anak-anak yang habis bangun pagi tentu membutuhkan senyuman ramah dari para pendidik. Apalagi jika nama mereka disebut saat mengucapkan "Selamat Pagi". Anak-anak pasti akan klepek-klepek mendengarnya, dan tentu juga bisa membangkitkan mood mereka untuk siap menerima pelajaran.

Sumber (Majalah TOP)

0 komentar:

Posting Komentar