14.54

Hakikat Pembelajaran IPA



1.    IPA Sebagai Produk
Merupakan hasil upaya perintis IPA terdahulu dan umumnya berupa fakta,konsep, teori, hukum, prosedur informasi telah tersusun secara lengkap dan sistematis dalam bentuk buku-buku teks dan film-film dokumen dalam bentuk CD atau DVD yang kesemuanya dapat dianggap sebagai body of knowledge.


2.    IPA Sebagai Proses
Makna IPA sebagai proses adalah proses untuk mendapatkan IPA yang dilakukan metode ilmiah. Pada anak-anak usia SD/MI, metode ilmiahdikembangkan secara bertahap, berkesinambungan, dengan harapan bahwa pada akhirnya akan terbentuk paduan yang lebih utuh, sehingga harapannya anak-anak SD/MI mampu melakukan penelitian secara sederhana.
3.    IPA Sebagai Pemupuk Sikap
Di dalam konteks pengajaran IPA, sikap dibatasi pengertiannya pada sikap ilmiah terhadeap alam sekitar. Sikap ilmiah yang dapat memungkinkan dapat dikembangkan pada anak-anak usia SD/MI adalah: (1) sikap ingin tahu; (2) sikap ingin mendapatkan sesuatu yang baru;(3) sikap kerja sama;(4) sikap tidak putus asa;(5) sikap tidak berprasangka;(6) sikap mawas diri;(7) sikap bertanggung jawab;(8) sikap berpikir bebas;(9) sikap disiplin diri. Sikap ilmiah tersebut dapat dikembangkan tatkala peserta didik melakukan diskusi percobaan, simulasi atau kegiatan observasi lapangan.

0 komentar:

Posting Komentar