1.
IPA Sebagai Produk
Merupakan hasil upaya perintis IPA
terdahulu dan umumnya berupa fakta,konsep, teori, hukum, prosedur informasi
telah tersusun secara lengkap dan sistematis dalam bentuk buku-buku teks dan
film-film dokumen dalam bentuk CD atau DVD yang kesemuanya dapat dianggap
sebagai body of knowledge.
2.
IPA Sebagai Proses
Makna IPA sebagai proses adalah
proses untuk mendapatkan IPA yang dilakukan metode ilmiah. Pada anak-anak usia
SD/MI, metode ilmiahdikembangkan secara bertahap, berkesinambungan, dengan
harapan bahwa pada akhirnya akan terbentuk paduan yang lebih utuh, sehingga
harapannya anak-anak SD/MI mampu melakukan penelitian secara sederhana.
3.
IPA Sebagai Pemupuk Sikap
Di dalam konteks pengajaran IPA,
sikap dibatasi pengertiannya pada sikap ilmiah terhadeap alam sekitar. Sikap
ilmiah yang dapat memungkinkan dapat dikembangkan pada anak-anak usia SD/MI
adalah: (1) sikap ingin tahu; (2) sikap ingin mendapatkan sesuatu yang baru;(3)
sikap kerja sama;(4) sikap tidak putus asa;(5) sikap tidak berprasangka;(6)
sikap mawas diri;(7) sikap bertanggung jawab;(8) sikap berpikir bebas;(9) sikap
disiplin diri. Sikap ilmiah tersebut dapat dikembangkan tatkala peserta didik
melakukan diskusi percobaan, simulasi atau kegiatan observasi lapangan.
0 komentar:
Posting Komentar