02.30

Ujung Kulon yang Eksotis

Berbicara tempat wisata di Banten tentunya kita wajib mengunjungi tempat yang satu ini.Tempat yang indah, bersih dan pastinya akan membuat siapapun yang kesana ingin kembali lagi mengunjunginya.

Ujung Kulon terletak di bagian paling barat Pulau Jawa, dan merupakan Taman Nasional pertama yg di resmikan di Indonesia serta merupakan Taman Warisan Dunia yg di akui oleh UNESCO tahun 1992. Ujung Kulon yg lebih akrab di sebut UK oleh rekan2 traveller ini memiliki luas sekitar 1206 Km persegi dimana sekitar 443 km adalah lautan yg berbatasan langsung dengan samudra hindia.
Di UK juga terdapat beberapa pulau, antara lain Pulau Panaitan, Pulau Handeulem dan Pulau Peucang, kedua pula ini sekarang menjadi tempat penginapan untuk para wisatawan atau ilmuan yg akan melakukan konservasi. Yang paling ngetop dari UK adalah sebagai Hutan Lindung yang sangat luas tempat berkembang biak nya 50an badak jawa (Rhinoceros sondaicus). 
Semakin sedikit nya populasi Badak Jawa ini dikarenakan semakin sempit nya ketersediaan makanan, ancaman letusan gunung Krakatau dan Tsunami serta persaingan makanan dengan banteng ditambah lagi perambahan hutan yg semakin mengila.
Tapi ada kabar baik dari semakin langkah nya badak jawa ini, yaitu di temukan beberapa badak remaja serta anak badak, hal ini di lihat dari video trap yg di pasang oleh lembaga perlindungan badak di dalam hutan sekitar ujung kulon tempat badak2 itu berkembang.

0 komentar:

Posting Komentar